TINGKATKAN AWARENESS KESEHATAN REMAJA MELALUI EDUKASI BAHAYA MEROKOK DI SMA REGINA PACIS SURAKARTA
Selasa, 18 Juni 2024 - 12:59:28 WIB
Ditulis oleh : Arinda
Kategori: Penyuluhan - Dibaca: 66 kali

TINGKATKAN AWARENESS KESEHATAN REMAJA MELALUI EDUKASI BAHAYA MEROKOK DI SMA REGINA PACIS SURAKARTA

 

Isu mengenai rokok bukanlah suatu isu yang baru di Indonesia khususnya di kalangan remaja, bahkan produk rokok berkembang dalam bentuk liquid dengan berbagai aroma sehingga semakin memikat konsumen rokok usia remaja. Dilansir dari website ayosehat.kemkes.go.id, prevalensi remaja perokok aktif di Indonesia tercatat sebesar 18.8% (GYTS 2019) dan meningkat menjadi 22.04% (BPS, 2022). Menurut Global Youth Tobacco Survey (GYTS) 2019, terdapat 57.8% remaja yang terpapar asap rokok di rumah, dan 67.2% remaja terpapar asap rokok di tempat umum yang terbuka.

Jumlah ini tentu mengkhawatirkan karena berkaitan dengan efek samping yang ditimbulkan dari asap rokok antara lain penyakit paru kronis, stroke, kanker, penyakit jantung dan lain sebagainya. Oleh karena itu diperlukan pencegahan dengan pemberian edukasi yang terus menerus kepada remaja khususnya mengenai topik bahaya merokok.

RS Panti Waluyo Surakarta bekerja sama dengan SMA Regina Pacis Surakarta pada Hari Rabu (12/06/2024) mengadakan edukasi dengan tema “Bahaya Merokok” bagi siswa kelas X dan XI dalam kegiatan pasca penilaian sumatif akhir semester (PSAT) yang diikuti oleh lebih dari dua ratus siswa laki-laki. Acara yang diisi oleh dr. Enrique Vicenzo dan dr. Fabian Jeremy ini diharapkan dapat mengisi waktu siswa sebelum menerima rapor dengan kegiatan yang bermanfaat dan mampu memberikan pemahaman siswa mengenai dampak merokok bagi kesehatan jangka panjang.

Berita Terkait
Nama :
Email :
Pesan :