MANFAAT PEMBERSIHAN KARANG GIGI (SCALING GIGI) YANG PERLU KITA PAHAMI
Rabu, 13 September 2023 - 15:07:03 WIB
Ditulis oleh : Arinda
Kategori: - Dibaca: 698 kali

MANFAAT PEMBERSIHAN KARANG GIGI (SCALING GIGI) YANG PERLU KITA PAHAMI

Scaling gigi adalah prosedur untuk membersihkan atau menghilangkan karang (mineral yang mengeras) yang menempel di garis gusi. Perawatan ini umum dilakukan untuk melindungi enamel gigi di bawah gusi dan jaringan gusi dari penyakit periodontal. Metode ini bisa dilakukan menggunakan alat pengikis manual atau alat pengikis dengan gelombang ultrasonik (ultrasonic scaler).

Karang gigi yang menempel di permukaan gigi tidak bisa dihilangkan hanya dengan menyikat gigi. Jadi, perlu melakukan scaling gigi untuk membersihkan karang gigi.

Selain menghilangkan karang gigi, ada manfaat lain yang bisa didapatkan dengan scaling gigi rutin, diantaranya :

  1. Menghilangkan bau mulut

Karang gigi merupakan tempat bertumbuhnya bakteri penyebab bau mulut, sehingga jika rutin dibersihkan bakteri penyebab bau mulut ini dapat hilang dan mulut menjadi segar dan bebas bau

  1. Mencegah perubahan warna gigi karena zat kafein dan nikotin

Karang gigi dapat merubah warna gigi menjadi terlihat menjadi kuning dikarenakan karang gigi ini merupakan tumpukan plak dari konsumsi zat kaefein maupun nikotin yang mengeras pada permukaan gigi. Scaling gigi dapat mengangkat plak dan mencegah perubahan warna karena zat yang terkandung dalam teh, kopi dan rokok.

  1. Mencegah infeksi gusi

Karang gigi yang dibiarkan terlalu lama juga bisa memicu timbulnya radang gusi atau gingivitis. Kondisi ini dapat ditandai dengan gejala berupa gusi bengkak, mudah berdarah, dan terasa sakit.

Bila dibiarkan tanpa penanganan, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis, yaitu peradangan serius yang bisa merusak gigi dan tulang rahang.

  1. Mengurangi risiko gigi copot

Gigi copot bisa terjadi ketika penyakit gigi dan mulut yang disebabkan oleh karang gigi mengalami infeksi, sehingga scaling gigi dapat mencegah infeksi dan mengurangi risiko gigi copot.

  1. Menurunkan resiko penyakit jantung

Orang dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Hal ini karena bakteri yang menumpuk pada karang gigi bisa terbawa oleh darah dan membuat endapan pada pembuh darah koroner di jantung, sehingga memengaruhi kinerja jantung.

Untuk membantu mencegah risiko terkena penyakit jantung, penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk melakukan scaling gigi dengan rutin.

 

Dapatkan Paket Scaling Gigi Rp 223.000 (berlaku sampai 12 Oktober 2023)

Dengan ketentuan :

1. Dilakukan oleh Dokter Gigi (sesuai jadwal praktek)

Link update jadwal dokter : https://www.rspantiwaluyo.com/dokter-Gigi.html

2. Sudah termasuk biaya periksa dan administrasi

3. Khusus pasien dengan penjamin pribadi

4. Pendaftaran dan informasi lebih lanjut hubungi :

Telp : 0271 – 712077 ext 0/1000

WA/SMS/Telegram : 081 5671 7076

 

 

Berita Terkait
Nama :
Email :
Pesan :