TETAP SEHAT SETELAH HARI RAYA DENGAN PEMERIKSAAN HbA1c
Senin, 24 April 2023 - 10:24:22 WIB
Ditulis oleh : Arinda
Kategori: Umum - Dibaca: 893 kali

 TETAP SEHAT SETELAH HARI RAYA DENGAN PEMERIKSAAN HbA1c

 

Hari Raya Idul Fitri adalah saat dimana sukacita hadir karena menjadi momen berkumpulnya sanak saudara, kerabat bahkan sahabat lama yang datang dari perantauan. Momen berkumpul ini tidak lepas dari kegiatan makan bersama yang biasanya banyak diantara kita lepas kontrol ketika makan makanan ala lebaran. Tidak heran jika banyak yang mengalami rasa sakit atau tidak enak badan setelah lebaran. Untuk berjaga-jaga, kamu perlu melakukan periksa kesehatan. 

Manfaat melakukan pemeriksaan setelah lebaran

Banyaknya makanan berlemak, bersantan, dan serba manis saat lebaran menjadi pemicu munculnya penyakit setelah lebaran. Sedangkan hidangan sayuran dan buah-buahan justru minim dihidangkan. Pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk menghindari penyakit atau memperparah kondisi kronis yang sudah ada. Salah satu pemeriksaan yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan gula darah meliputi HbA1c dan GDP. Namun pemeriksaan ini perlu dikombinasikan dengan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan koleterol dan asam urat.

Apa Itu pemeriksaan HbA1c dan apa bedanya dengan pemeriksaan Gula Darah Puasa (GDP)?

Pemeriksaan HbA1c dan GDP (Glukosa Darah Puasa) adalah dua jenis tes yang berbeda untuk mengukur kadar gula darah dalam tubuh.

Pemeriksaan HbA1c mengukur kadar glukosa darah rata-rata selama 2-3 bulan terakhir dengan melihat persentase HbA1c dalam darah. HbA1c adalah bentuk hemoglobin yang terikat dengan glukosa dalam darah, sehingga tingkat HbA1c yang tinggi menunjukkan bahwa kadar glukosa darah rata-rata selama beberapa bulan terakhir telah tinggi. Pemeriksaan HbA1c biasanya digunakan untuk memantau kontrol gula darah pada pasien dengan diabetes dan sebagai indikator risiko komplikasi diabetes.

Sementara itu, GDP mengukur kadar glukosa darah pada saat perut kosong, biasanya setelah pasien berpuasa selama 8-12 jam. Pemeriksaan GDP sering digunakan sebagai tes skrining untuk diabetes dan dapat membantu dalam diagnosis diabetes. Jika hasil GDP menunjukkan kadar glukosa darah yang tinggi, maka dokter mungkin akan memerintahkan tes HbA1c untuk melihat kontrol gula darah selama beberapa bulan terakhir.

Secara umum, pemeriksaan HbA1c memberikan gambaran yang lebih baik tentang kontrol gula darah jangka panjang daripada GDP, yang hanya memberikan gambaran tentang kadar glukosa darah pada saat tes. Namun, kedua tes ini memiliki peran penting dalam pemantauan kesehatan pasien diabetes dan dapat membantu dokter dalam menentukan pengobatan yang tepat untuk pasien.

Mengapa pemeriksaan HbA1c perlu ditambahkan pemeriksaan kolesterol?

Pemeriksaan HbA1c dan kolesterol seringkali dilakukan bersama-sama untuk mengevaluasi risiko kesehatan yang terkait dengan diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Kolesterol adalah jenis lemak yang penting untuk tubuh, tetapi terlalu banyak kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Pemeriksaan kolesterol meliputi pengukuran kadar kolesterol total, kolesterol LDL (juga dikenal sebagai "kolesterol jahat"), kolesterol HDL (juga dikenal sebagai "kolesterol baik"), dan trigliserida.

Orang dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit kardiovaskular, dan kolesterol yang tidak terkontrol juga dapat meningkatkan risiko ini. Oleh karena itu, pemeriksaan kolesterol dilakukan bersama-sama dengan pemeriksaan HbA1c untuk memantau risiko kardiovaskular pada pasien diabetes dan membantu dokter dalam menentukan perubahan dalam pengobatan jika diperlukan.

Dalam hal ini, pemeriksaan kolesterol digunakan untuk mengevaluasi risiko penyakit kardiovaskular secara keseluruhan, sementara pemeriksaan HbA1c memberikan informasi tentang kontrol gula darah pada pasien diabetes. Kedua tes ini membantu dokter dalam memantau kesehatan pasien dan merencanakan pengobatan yang efektif.

DAPATKAN PAKET MEDICAL CHECK UP PASCA LEBARAN PERIODE 24 APRIL – 31 MEI 2023

PAKET 1 : Pemeriksaan HbA1c (Rp 229.000)

PAKET 2 : Pemeriksaan HbA1c dan Kolesterol (Rp 249.000)

PAKET 3 : Pemeriksaan GDP, Kolesterol, Trigliserid (Rp 129.000)

PAKET 4 : Pemeriksaan GDP, Kolesterol, Asam Urat (Rp 129.000)

INFO DAN PENDAFTARAN :

TELP : 0271 712077

WA/SMS/TELEGRAM : 081 5671 7076

Berita Terkait
Nama :
Email :
Pesan :