MENGENAL KANKER PAYUDARA, JENIS KANKER DENGAN KASUS TERTINGGI DI INDONESIA
Kamis, 09 Februari 2023 - 10:44:01 WIB
Ditulis oleh : Arinda
Kategori: Umum - Dibaca: 744 kali

MENGENAL KANKER PAYUDARA : JENIS KANKER DENGAN KASUS TERTINGGI DI INDONESIA

 

Kanker adalah penyakit yang saat ini jumlah penderitanya semakin meningkat dari tahun ke tahun dan kanker payudara merupakan jenis kanker dengan peringkat tertinggi di Indonesia yaitu mencapai 65.858 kasus menurut WHO di tahun 2020.

 Memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari 2023, kita perlu mengenal mengenai kanker payudara ini supaya masyarakat semakin memahami cara pencegahan dan pengobatan yang tepat.

 Memahami apa itu “Payudara”

Dalam Bahasa Latin, payudara dikenal dengan nama “mammae”. Payudara merupakan organ tubuh bagian atas dada dari spesies mamalia berjenis kelamin betina, termasuk perempuan dari golongan manusia. Biasanya organ tubuh ini digunakan untuk menyalurkan air susu (ASI) pada bayi mamalia atau manusia yang baru lahir. Jadi payudara merupakan suatu organ vital yang memproduksi ASI dalam jumlah besar. Fungsi utama payudara adalah sebagai penghasil ASI.

 Pengertian Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan ancaman serius atau momok menakutkan bagi kaum perempuan. Kanker payudara terjadi ketika sel-sel pada jaringan di payudara tumbuh secara tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya.

Kanker payudara bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus) atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat dalam payudara. Meski lebih sering terjadi pada wanita, kanker payudara juga bisa menyerang pria.

Penyebab dan Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara seringkali sulit terdeteksi pada tahap awal karena ukurannya yang kecil. Benjolan baru dapat teraba jika ukurannya cukup besar. Meski demikian, tidak semua benjolan di payudara berarti kanker. Oleh karena itu, pemeriksaan sejak dini penting dilakukan guna memastikan apakah benjolan tersebut kanker atau bukan.

Belum diketahui apa yang menyebabkan sel kanker tumbuh di payudara. Namun, ada sejumlah faktor yang dapat membuat seseorang berisiko terkena penyakit ini, antara lain berat badan berlebih, menstruasi pada usia yang terlalu muda, dan kebiasaan merokok.

 Pengobatan dan Pencegahan Kanker Payudara

Kanker payudara bisa diobati dengan beberapa cara, tergantung pada kondisi penderita dan jenis kanker payudara itu sendiri. Upaya pengobatan itu meliputi:

  1. Terapi radiasi
  2. Terapi hormon
  3. Kemoterapi
  4. Operasi

 

Berita Terkait
Nama :
Email :
Pesan :