10 JENIS CEDERA YANG SERING TERJADI SAAT OLAHRAGA
Selasa, 14 Juni 2022 - 10:08:15 WIB
Ditulis oleh : Arinda
Kategori: Umum - Dibaca: 52 kali

10 Jenis Cedera yang Sering Terjadi saat Olahraga

(Dalam Rangka Partnership Rumah Sakit Rujukan Piala Presiden 2022)

 

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat baik dilakukan karena menyehatkan sekaligus menyenangkan. Terlebih saat ini Indonesia tengah menggelar Piala Presiden 2022 untuk cabang olahraga sepakbola. Pergelaran ini salah satunya dilakukan di Kota Solo yaitu  grup A yang terdiri dari 5 (lima) klub dalam negeri.

Meskipun menyehatkan, setiap olahraga mempunyai risiko cedera. Berikut 10 jenis cedera yang sering dialami saat berolahraga

  1. Cedera otot pergelangan kaki

Pergelangan kaki yang terkilir menjadi salah satu cedera yang sering dialami saat olahraga yang biasanya dialami saat berlari di permukaan yang tidak rata. Ketika kaki terkilir, istirahatkan dan kompres menggunakan es untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri.

  1. Cedera tulang kering

Biasanya cedera tulang kering terjadi saat berlari dan melompat atau intensitas aktivitas fisik yang tinggi dengan tiba-tiba. Untuk meredakan nyeri istirahatkan dan gunakan kompres es. Jika nyeri masih berlanjut disarankan menemui tenaga medis yang berkompeten.

  1. Nyeri pinggang

Nyeri pinggang adalah tanda bahwa olahraga yang dilakukan terlalu berat dan harus segera istirahat. Istirahat dari kegiatan membungkuk atau mengangkat beban berat dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul.

  1. Cedera bahu

Pergerakan sendi bahu yang berulang-ulang secara intens akan menyebabkan otot-otot bahu kelelahan dan membengkak atau sobek dan rawan cedera. Ketika mengalami cedera ini istirahatkan dari gerakan-gerakan pada bahu dan lengan. Jika sudah mulai membaik, dapat ditambahkan dengan olesan pelemas otot.

  1. Kram otot

Jenis cedera olahraga ini sering terjadi, terutama jika langsung berolahraga secara intens tanpa melakukan pemanasan dan peregangan otot yang tuntas. Saat kram menyerang, usahakan untuk tetap tenang dan melakukan peregangan ringan pada bagian yang kram dan pijat dengan lembut sambil terus digerakkan. Setelah kram hilang, berikan waktu otot-otot beristirahat dulu. Leboh baik jika tidak langsung melanjutkan olahraga.

  1. Cedera lutut

Cedera lutut sering terjadi pada olahraga dengan gerakan yang banyak menggunakan tumpuan lutut. Cedera ini terjadi juga pada gerakan yang tidak lazim dan terlalu lama pada lutut, bisa juga terjadi karena benturan. Menyembuhkan cedera lutut membutuhkan perawatan tenaga medis yang intens dan beristirahat total supaya cepat pulih.

  1. Cedera siku  

Cedera siku terjadi karena peradangan otot yang terus-menerus digunakan untuk bergerak dan menahan beban. Sakit terjadi ketika menggerakkan dan mengangkat lengan atau tangan. Untuk mengurangi rasa sakit dapat dikompres dengan es selama 30 menit dan diistirahatkan sampai 4 jam dan diperbolehkan mengkonsumsi obat anti nyeri. Namun jika berlanjut, disarankan segera memeriksakan ke fasilitas kesehatan terdekat.

  1. Cedera Achilles Tendon

Cedera ini dirasakan sakit di bagian tumit atau betis karena disebabkan robeknya tendon. Umumnya cedera ini dapat pulih dengan sendirinya. Untuk mengurangi rasa nyeri dapat dikompres es ataupun mengangkat tumit lebih tinggi.

  1. Cedera hamstring

Cedera hamstring dirasakan saat kita mengalami sensasi sakit seperti otot ditarik di belakang paha. Biasanya terjadi karena kurangnya pemanasan, otot yang kelelahan dan gerakan yang tiba-tiba. Untuk mengatasinya dapat dengan mengistirahatkan sementara waktu dan kompres es.

  1. Gegar otak

Gegar otak biasanya terjadi karena benturan (trauma) pada kepala yang melukai pembuluh darah dan saraf otak. Akibatnya, akan mengalami berbagai gangguan seperti pusing, penglihatan berkurang, muntah-muntah, dan hilang kesadaran. Segera hubungi tenaga medis jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut.  

 

Setiap kegiatan olahraga dengan intensitas yang tinggi memang harus selalu diawali dengan pemanasan dan kehati-hatian supaya mengurangi cedera yang lebih parah. Saat ini RS PANTI WALUYO SURAKARTA MENDUKUNG EVENT PIALA PRESIDEN 2022 yang salah satunya diselenggarakan di Solo dengan menjadi PARTNER RUMAH SAKIT RUJUKAN.

 

HOTLINE IGD 24 JAM

Telp       : 0271 712114

WA        : 082 1374 866 31

 

KLINIK BEDAH ORTHOPEDI RS PANTI WAUYO SURAKARTA

PAGI

dr. Marbindu Mahulae, Sp.OT

Senin – Jumat    : 08.00 – 14.00

Sabtu                : 08.00 – 13.00

 

SORE

dr. Tangkas SMHS Sibarani, Sp.OT (K)

Senin dan Rabu : 16.30 – 18.00

 

Update jadwal praktik Dokter Spesialis, klik link :

https://www.rspantiwaluyo.com/dokter-Bedah-Orthopedi.html

Berita Terkait
Nama :
Email :
Pesan :