HADAPI MACET ARUS BALIK, IKUTI TIPS BAGI LANSIA MENGHINDARI PEGAL-PEGAL DI PERJALANAN
Jumat, 06 Mei 2022 - 11:29:48 WIB
Ditulis oleh : Arinda
Kategori: Umum - Dibaca: 184 kali

HADAPI MACET ARUS BALIK, IKUTI TIPS BAGI LANSIA MENGHINDARI PEGAL-PEGAL DI PERJALANAN

 

Cuti Hari Raya Idul Fitri sudah hampir habis, saatnya mempersiapkan diri dan keluarga kembali pada rutinitas dengan kembali ke kota asal. Puncak arus balik diperkirakan pada hari ini, Jumat 6 Mei 2022 disinyalir sangat padat dan menimbulkan kemacetan.

Pegal-pegal wajar dialami oleh pemudik karena saat berada di mobil terlalu lama, tubuh kita akan berada dalam posisi yang cenderung statis dan memiliki risiko mengalami kekurangan cairan. Berada dalam posisi yang cenderung statis atau duduk terlalu lama membuat aliran darah di tubuh kita, terutama di kaki, menjadi kurang lancar dan membuat tubuh kita menjadi kaku. Untuk mengurangi hal tersebut, simak tips dari Dokter Spesialis Saraf RS Panti Waluyo Surakarta dr. Igor Hermando, Sp.N., M.Kes untuk lansia supaya menghindari pegal-pegal selama perjalanan :

Cukupi waktu tidur

Tidur dan beristirahat yang cukup paling sedikit 6-7 jam dapat membuat tubuh kembali bugar dan siap melakukan perjalanan panjang

Makan dengan porsi secukupnya

Terlalu sedikit asupan makanan membuat tubuh menjadi tidak fit, namun jika terlalu banyak asupan juga akan membuat perut tidak nyaman ketika perjalanan bahkan dapat memicu mual. Cukupi asupan dengan cukup sehingga perut dan tubuh nyaman selama perjalanan

Cukupi cairan tubuh

Beberapa orang memilih tidak minum selama perjalanan supaya tidak sering buang air kecil, namun tidak minum selama perjalanan malah akan membuat tubuh dehidrasi, jika berlarut-larut akan berbahaya bagi kesehatan. Orang dengan dehidrasi dapat menjadi lemas, sakit kepala dan syok, sehingga tetap perlu asupan cairan yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

Siapkan obat-obatan yang diperlukan

Bagi lansia khususnya, perlu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang merawat untuk memenuhi kebutuhan obat selama perjalanan. Nyeri dan pegal yang berkepanjangan selama perjalanan akan mengurangi kenyamanan lansia, oleh karena itu obat nyeri sesuai resep dokter diharap dapat membantu lansia tetap bugar sampai tujuan.

Pakai bantal pemanas

Sensasi panas dapat membantu mengurangi rasa pegal pada otot serta membuat tubuh jadi lebih rileks.

Istirahat dan peregangan otot setiap 2 jam

Peregangan dapat membuat otot yang kaku menjadi kembali lentur dan waktu paling baik untuk meregangkan otot adalah setiap 2 (dua) jam sekali. Menggerakkan otot yang kaku dengan melakukan gerakan-gerakan peregangan akan memperlancar peredaran darah dan menghilangkan rasa kaku pada otot. Terdapat beberapa gerakan-gerakan sederhana yang dapat dilakukan oleh seluruh anggota keluarga pada saat di perjalanan.

Pastikan tempat duduk nyaman dan leluasa

Beberapa keluarga akan membawa oleh-oleh dan barang bawaan berlebih setelah mudik yang akan memenuhi ruang dalam mobil. Hal ini menjadi salah satu penyebab perjalanan menjadi tidak nyaman karena ruang gerak yang sedikit akan menyebabkan otot menjadi kaku. Pakailah bagasi belakang dan atas untuk menyimpan barang-barang, jika memungkinkan dapat gunakan jasa paket untuk mengirimkan barang bawaan anda ke tempat tujuan sehingga ruang dalam mobil lebih leluasa.

 

KLINIK SARAF RS PANTI WALUYO SURAKARTA

dr. Probo Wardoyo, Sp.S

Senin – Kamis    : 10.30 – 12.30

dr. Igor Hermando, Sp.N, M.Kes

Pagi

Senin – Jumat    : 08.00 – 14.00

Sabtu                    : 08.00 – 12.00

Sore

Rabu                      : 17.00 -19.00

Jumat                    : 16.00 – 18.00

dr. Nugroho Dzulkarnain Salim, Sp.S

Selasa, Kamis, Jumat      : 16.00 – 20.00

 

Update Praktek Dokter klik link :

https://www.rspantiwaluyo.com/dokter-Saraf.html

 

Info lebih lanjut dan pendaftaran :

WA/SMS/TELEGRAM : 081 5671 7076

TELP : 0271 712077

Berita Terkait
Nama :
Email :
Pesan :