HATI- HATI DENGAN 8 HAL INI JIKA ANDA MEMPUNYAI PENYAKIT ASMA
Kamis, 05 Mei 2022 - 13:06:45 WIB
Ditulis oleh : Arinda
Kategori: Umum - Dibaca: 93 kali

HATI-HATI DENGAN 8 HAL INI JIKA ANDA MEMPUNYAI PENYAKIT ASMA

Asma adalah penyakit kronis yang menyerang paru-paru. Asma bersifat jangka panjang dan dapat muncul jika bertemu dengan pemicunya. Asma menyebabkan mengi, sesak napas, sesak dada dan batuk di malam atau dini hari. Bertepatan dengan Hari Asma Sedunia 2022, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), cdc.org mengungkapkan pemicu asma antara lain adalah :

  1. Asap Rokok

Asap rokok dapat memicu penyakit asma kambuh, baik bagi perokok aktif maupun perokok pasif. Oleh karena itu usahakan penderita asma dan keluarga menciptakan zona bebas rokok supaya penderita asma tidak mengalami serangan dan menyebabkan kondisi lebih buruk.

  1. Tungau debu

Pemicu lain yang dapat menimbulkan serangan asma adalah tungau debu. Oleh karena itu penderita asma dan keluarga harus  menjaga kebersihan tempat tidur dan daerah sekitar dari tungau debu dengan rutin mengganti linen maupun rutin membersihkan debu-debu di sekitar rumah.

  1. Polusi udara

Polusi udara di luar ruangan, seperti yang berasal dari pabrik, mobil, atau asap kebakaran dapat memicu kambuhnya asma. Asap api dari pembakaran kayu atau tanaman lain terdiri dari campuran gas berbahaya dan partikel kecil pun jika dihirup dapat menyebabkan serangan asma.

  1. Hama

Hama seperti kecoa dan tikus dapat memicu kambuhnya asma, penting bagi penderita asma dan keluarga menjaga kebersihan rumah dari serangan hama dengan segera membersihkan remahan makanan dan menjaga makanan ditutup dalam wadah kedap dan rapat.

  1. Hewan Peliharaan

Beberapa hewan peliharaan dapat memicu kambuhnya asma terutama hewan berbulu, oleh karena itu penderita asma perlu menjaga dirinya dari hewan peliharaan dengan menjaga kebersihan hewan peliharaan serta penting untuk tidak memperbolehkan hewan peliharaan masuk dan tidur di kamar.

  1. Jamur

Jamur dapat memicu serangan asma bagi penderita asma yang alergi terhadap jamur. Penderita asma dan keluarga perlu memperhatikan kembali level kelembapan di suatu ruangan, serta mengusahakan ruangan tetap kering untuk mencegah timbulnya jamur.

  1. Disinfektan

Penggunaan disinfektan dalam kadar tertentu dapat memicu kambuhnya asma. Oleh karena itu perlu memperhatikan penggunaannya, beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan secukupnya dan memastikan cukup ventilasi udara saat menggunakan disinfektan.

  1. Pemicu Lain

Pemicu lain seperti flu, terpapar bahan kimia, virus yang menyerang pernapasan atau alergi lain dapat memicu kambuhnya asma.

Penyakit asma tidak dapat sembuh namun dapat dikontrol, oleh karena itu mencegah asma menjadi kambuh diantaranya adalah dengan menghindari pemicu diatas dan melakukan terapi latihan yang dapat membantu penderita asma tetap aktif serta mendapat kebugaran tubuh yang optimal.  

 

Konsultasi dan Terapi Latihan untuk Penderita Asma

Klinik Rehabilitasi Medik

dr. Stefanus Anwar, Sp.KFR

Senin – Jumat    : 07.00 – 14.00

Sabtu                : 07.00 – 13.00

https://www.rspantiwaluyo.com/dokter-Rehabilitasi-Medik.html

 

RS PANTI WALUYO
"Berkarya Berdasarkan Kasih"
Jl. A. Yani no 1-2 Surakarta
Telp : 0271 712077
WA/TELEGRAM : 081 5671 7076

Berita Terkait
Nama :
Email :
Pesan :