NYENTRIK DENGAN ROKOK ELEKTRIK, SEHAT KAH?
Selasa, 05 November 2019 - 09:00:21 WIB
Ditulis oleh : Arinda
Kategori: Umum - Dibaca: 319 kali

NYENTRIK DENGAN ROKOK ELEKTRIK, SEHAT KAH?

 

Rokok elektrik yang saat ini menjadi tren gaya remaja dan pemuda masa kini masih menimbulkan berbagai pertanyaan, benarkah rokok elektrik yang sering disebut sebagai vape ini lebih sehat dibandingkan dengan rokok konvensional?  Melalui wawancara eksklusif live Instagram RS Panti Waluyo Surakarta, dr. Riana Sari, Sp.P mengatakan bahwa vape sudah ada sejak tahun 1960 di China dan di uji coba sebagai pengganti rokok konvensional. Yang membedakan adalah pemantik dan luarannya, rokok konvensional mengeluarkan asap, sedangkan vape mengeluarkan uap akan tetapi kandungan di dalam rokok konvensional maupun vape tetaplah sama yaitu nikotin. Zat nikotin yang terdapat di dalam rokok konvensional dan vape inilah yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan paru-paru yang dapat mengakibatkan kanker.

 

Selanjutnya dr. Riana mengatakan bahwa luaran berupa uap pada vape yang disebut-sebut lebih aman dibanding asap ternyata tidak terbukti. Uap yang dikeluarkan oleh vape juga mengandung banyak partikel yang tidak baik bagi paru-paru, sehingga dengan berbagai fakta inilah vape tidak disarankan sebagai pengganti rokok konvensional.

                   

Melihat fenomena tentang pemahaman vape yang salah, dr. Riana menambahkan bahwa msyarakat masih perlu mendapatkan edukasi, terutama dari institusi kesehatan khususnya remaja dan pemuda mengenai bahaya rokok konvensional maupun vape, supaya tingkat kesehatan masyarakat semakin meningkat. Sebagai penutup, dr. Riana memberikan pesan kepada masyarakat untuk tidak mengkonsumsi rokok demi kesehatan dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya pemakaian rokok. “Jika ada niat, pasti bisa.” tutupnya. 

(@arindaweddinia)

Berita Terkait
Nama :
Email :
Pesan :