PERILAKU SEDERHANA DENGAN MANFAAT LUAR BIASA
Senin, 06 Mei 2019 - 11:49:46 WIB
Ditulis oleh : Arinda
Kategori: Penyuluhan - Dibaca: 28 kali

PERILAKU SEDERHANA DENGAN MANFAAT LUAR BIASA

“Kampanye 6 (enam) langkah cuci tangan dalam rangka Hari Kebersihan Tangan”

 

Memperingati Global Hand Hygiene Day atau Hari Kebersihan Tangan Dunia, RS Panti Waluyo Surakarta rutin melakukan kampanye 6 (enam) langkah cuci tangan bagi pengunjung RS. Melalui Tim PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) Rumah Sakit, pengunjung mendapatkan edukasi singkat mengenai cara cuci tangan yang benar menggunakan 6 (enam)langkah yang dikenalkan oleh WHO yaitu : (1) Gosok telapak tangan, (2) Gosok punggung tangan, (3) Gosok sela jari, (4) Gosok bagian dalam jari, (5) Bersikan ibu jari, (6) Bersihkan kuku-kuku.

Kampanye ini selalu diberikan untuk mengingatkan kembali masyarakat akan pentingnya mencuci tangan dengan air bersih. Perilaku sederhana ini ternyata dapat memberikan manfaat yang besar karena tangan merupakan salah satu tempat berkumpulnya kuman, virus dan bakteri yang dapat menjadi penyebab berbagai penyakit seperti flu, penyakit kulit, meningitis, gangguan usus dan diare. Oleh karena itu penting bagi kita melakukan cuci tangan setelah beraktivitas.

Selain kampanye memperagakan 6 (enam) langkah cuci tangan, Tim PPI juga membagikan brosur kepada pengunjung yang berisikan materi edukasi terkait kebersihan tangan. Kampanye ini bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan sehingga angka kesakitan masyarakat dapat menurun.

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 550845   Hits hari ini : 536   Total Hits : 2455501   Pengunjung Online : 7   IP Anda : 34.229.76.193