PROGRAM IHT TATA CARA TRANSPORTASI KANTONG DARAH DI RS PANTI WALUYO SURAKARTA
Kamis, 28 Februari 2019 - 13:10:53 WIB
Ditulis oleh : Arinda
Kategori: Pelatihan - Dibaca: 123 kali

IN HOUSE TRAINING (IHT) LABORATORIUM

“TATA CARA TRANSPORTASI KANTONG DARAH”

DI RS PANTI WALUYO SURAKARTA TAHUN 2019

Transfusi darah adalah salah satu tindakan medis yang berisiko tinggi. Transfusi darah membutuhkan kantong darah yang terjaga kualitas dan mutunya. Upaya menjaga kualitas kantong darah telah dimulai sejak kantong darah tersebut masih dalam proses pengolahan di UTD PMI dan harus tetap dijaga sampai kantong darah tersebut dapat ditransfusikan ke tubuh pasien.

Proses transportasi kantong darah dari UTD PMI ke Bank darah RS merupakan salah satu fase yang akan dilalui oleh kantong darah sebelum ditransfusikan ke pasien. Selama ini proses tersebut kurang menjadi perhatian dalam pelaksanaannya, sehingga tentu saja hal ini dapat berpengaruh dalam kualitas dan mutu kantong darah yang akan ditransfusikan.

Bank Darah RS. Panti Waluyo Surakarta berusaha melakukan perbaikan dalam sistem transportasi kantong darah dengan menunjuk kurir khusus yang akan menangani proses pengambilan kantong darah dari UTD PMI, yang disebut dengan transporter.

Upaya ini dilakukan sebagai pemenuhan peraturan tentang transportasi kantong darah yang harus dilakukan oleh petugas RS yang sudah terlatih dan bukan oleh keluarga pasien.

Mengingat transporter tidak semuanya berlatar belakang tenaga kesehatan maka diperlukan suatu pelatihan khusus bagi transporter agar mengetahui seluk beluk tentang transportasi kantong darah dan mampu melaksanakannya dengan baik. Semua langkah tersebut diambil sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien khususnya pasien-pasien yang akan menerima transfusi darah di RS Panti Waluyo Surakarta.

Pelatihan yang telah dilaksanakan pada Hari Kamis (21/2/2019) ini diikuti oleh 60 (enam puluh) peserta yang terdiri dari Transporter, Analis Laboratorium, Perawat OK, Ruang Rawat Inap, Rawat Jalan, Hemodialisa, ICU, IGD dan Pekarya. Pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam distribusi kantong darah yang sesuai standar ini difasilitasi oleh 4 (empat) fasilitator, dimana 3 (tiga) diantaranya merupakan narasumber dari PMI Surakarta yaitu dr. Kunthi Dewi, Sp.PK, M.Kes; dr. Agni Romadhona dan Ibu Atik Sumiati, AMd. Satu diantaranya merupakan Kepala Instalasi Laboratorium RS Panti Waluyo Surakarta, dr. Setia Rahayu selaku penanggungjawab pelaksanaan distribusi kantong darah oleh transporter.

 

 

 

 

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 550847   Hits hari ini : 544   Total Hits : 2455509   Pengunjung Online : 5   IP Anda : 34.229.76.193