IHT Komunitas Hidup Sehat bagi Karyawan Non Nakes RS Panti Waluyo Surakarta
Sabtu, 23 Juni 2018 - 11:06:15 WIB
Ditulis oleh : Arinda
Kategori: Umum - Dibaca: 70 kali

IHT Komunitas Hidup Sehat bagi Karyawan Non Nakes RS Panti Waluyo Surakarta

Presiden RI, Ir. Joko Widodo melalui Kementrian Kesehatan RI telah memprakarsai gerakan nasional dalam mengedepankan upaya preventif dan promotif tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitasi untuk tujuan pemerataan kesehatan masyarakat Indonesia. Gerakan ini kemudian dirangkum dalam GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang terdiri dari 7 (tujuh) kegiatan yaitu : 1) Aktivitas fisik; 2) Konsumsi Buah dan Sayur; 3) Periksa Kesehatan Rutin; 4) Membersihkan Lingkungan; 5) Menggunakan dan Menjaga Jamban yang Sehat; 6) Tidak merokok; 7)Tidak Konsumsi Minuman Beralkohol. 

RS Panti Waluyo Surakarta sebagai institusi kesehatan sekaligus badan usaha yang memiliki karyawan Non Tenaga Kesehatan (Nakes) sekitar lebih dari 200 orang, berinisiatif untuk membentuk Komunitas Hidup Sehat bagi karyawan Non Nakes dengan tujuan dapat menjadi media berbagi pengetahuan kesehatan antar karyawan Non Nakes supaya lebih produktif dalam pengembangan pelayanan di RS Panti Waluyo Surakarta.

Kegiatan perdana dari Komunitas Hidup Sehat ini adalah In House Training (IHT) sekaligus pelantikan Pengurus Komunitas oleh Direktur RS Panti Waluyo Surakarta, dr. T. Soebroto, M.Kes. Acara IHT ini mengundang pula Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, dr. Siti Wahyuningsih, M.Kes.,MH sebagai narasumber materi "Peran Stakeholder dalam Membangun Kemitraan di Komunitas Hidup Sehat" dan Kepala BPJS Kesehatan KCU Surakarta, dr. Agus Purwono, MM.,AAK sebagai narasumber materi "Sosialisasi Aplikasi BPJS Kesehatan Online"

Materi lain yang dipaparkan pada saat IHT antara lain adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi Karyawan Non Nakes di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Pencegahan dan Perawatan Penyakit Kronis, dan Manajemen Hidup Sehat. Melalui IHT ini diharapkan tingkat kesakitan karyawan semakin berkurang dan produktivitas semakin meningkat, serta menjadi pelopor bagi institusi lain dalam pengembangan kesehatan karyawan.

 

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 446949   Hits hari ini : 124   Total Hits : 2043685   Pengunjung Online : 2   IP Anda : 54.158.199.217