Katarak?? Manfaatkan Layanan Baru RS Panti Waluyo
Sabtu, 11 November 2017 - 11:21:29 WIB
Ditulis oleh : Yon
Kategori: Umum - Dibaca: 156 kali

KATARAK??

MANFAATKAN LAYANAN BARU RS PANTI WALUYO

 

Katarak adalah kondisi ketika lensa mata menjadi keruh dan mempengaruhi penglihatan. Pada umumnya katarak terjadi pada lansia dan dapat bertambah parah secara bertahap. Pada orang yang menderita katarak, penglihatannya tidak jelas seperti berkabut. Hal tersebut mengganggu kegiatan sehari-hari seperti kesulitan untuk membaca atau mengendarai kendaraan.

 

Katarak menyebabkan lensa matanya menjadi buram. Karena terjadinya penuaan dan beberapa penyebab lain, beberapa protein mengumpul dan menyebabkan penglihatan menjadi berawan/ berkabut. Katarak dibedakan menjadi 4 jenis yaitu:

 

  1. Nuclear cataract

Pada kondisi ini keburaman pada lensa terletak pada bagian tengah lensa. Nuclear cataract biasanya terjadi karena factor penuaan. Pada awalnya Nuclear cataract tmenyebabkan rabun jauh tapi secara bertahap menyebabkan lensa mata berubah menjadi awan kuning dan memungkinkan berubah menjadi warna coklat.

  1. Subcapsular cataract

Pada kondisi ini keburaman pada lensa terletak pada bagian belakang lensa. Subcapsular cataract tmenyebabkan penurunan fungsi mata saat membaca dan saat melihat dalam suasana terang. Subcapsular cataract biasanya terjadi karena penyakit diabetes mellitus atau pada orang yang menggunakan obat golongan steroid.

  1. Cortical cataract

Pada kondisi ini keburaman pada lensa terletak pada bagian pinggir lensa dan secara bertahap keburaman menuju bagian pusat lensa.

  1. Congenital cataract

Pada kondisi ini seseorang menderita katarak sejak lahir yang kemungkinan disebabkan oleh factor genetik, infeksi ketika masih dalam kandungan, atau terjadinya trauma.

 

Tanda dan gejala

  1. Penglihatan menjadi berkabut, kabur dan redup.
  2. Penurunan sensitivitas terhadap cahaya.
  3. Memerlukan cahaya yang terang untuk membaca dan kegiatan yang lain.
  4. Penglihatan terhadap satu obyek memudar atau menguning.
  5. Penglihatan terhadap suatu obyek menjadi ganda.

 

Penyebab
Berikut beberapa factor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak :

  1. Bertambahnya usia.
  2. Diabetes mellitus.
  3. Tekanan darah tinggi.
  4. Pernah mengalami cedera atau pembengkakan pada mata.
  5. Penggunaan obat golongan kortikosteroid dalam jangka waktu yang lama.
  6. Konsumsi alkohol

 

Penanganan utama katarak adalah dengan operasi.Operasi katarak bertujuan mengganti lensa mata yang mengalami kekeruhan dengan lensa tanam berbahan plastik yang disebut lensa intra ocular atau implan intra okular. Sebelum dokter memutuskan akan melakukan operasi, pasien akan menjalani pemeriksaan fisik yang lain untuk memastikan kondisi pasien tetap stabil selama menjalani operasi katarak. Kemudian dokter akan memutuskan teknik operasi dan jenis lensa yang akan ditanam.

 

Dengan perkembangan teknologi, operasi katarak tidak lagi menakutkan karena ada alat dengan teknologi modern (Mesin Phaco). Teknologi ini disebut teknik Phaco Emulsifikasi. Teknologi ini dilakukan tanpa membuat sayatan lebar, sehingga operasi menjadi cepat, mudah, dan aman tanpa jahitan. Operasi ini menggunakan alat phaco emulsifikasi (awam disebut dengan laser) untuk melunakkan (emulsifikasi) dan mengeluarkan lensa katarak pada saat yang bersamaan. Setelah itu, lensa intra-okuler (IOL) yang dapat dilipat dimasukkan ke dalam mata. Setelah operasi, pasien dapat beraktifitas kembali tanpa kesulitan besar.

Beberapa kelebihan dari Phaco Emulsifikasi yaitu:

  1. Sayatan sangat kecil (± 2,2 mm)
  2. Proses cepat (± 15 menit)
  3. Tanpa Jahitan
  4. Pasien dapat langsung pulang setelah operasi
  5. Perawatan dan pemulihan lebih cepat (± 2- 5 hari)
  6. Mengurangi rasa nyeri, ngeres dan ketidaknyamanan setelah operasi

 

Kini, Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta dapat melayani operasi katarak dengan teknk Phaco tersebut. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta, JalanA.Yani No.1 Surakarta, telp.0271-712077.

 

*dari berbagai sumber

dr.Esti 10/11/17

 

 

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 332823   Hits hari ini : 341   Total Hits : 1523296   Pengunjung Online : 5   IP Anda : 54.80.146.251