Gigi Sehat Itu Mudah
Sabtu, 22 Juli 2017 - 09:58:08 WIB
Ditulis oleh : drg. FA. Titis Pamungkas
Kategori: Umum - Dibaca: 79 kali

GIGI SEHAT ITU MUDAH

Gigi berlubang merupakan masalah klasik kesehatan gigi dan mulut di Indonesia. Padahal dengan kita tahu bagaimana cara membersihkan gigi, kita akan memutus rantai perjalanan penyakit gigi berlubang.

Membersihkan gigi adalah hal yang sangat mudah. Berikut cara membersihkan gigi :

  1. MENYIKAT GIGI

Menyikat gigi menggunakan sikat gigi dan pasta gigi merupakan cara paling mudah untuk mencegah terjadinya lubang pada gigi. Sikat gigi akan membantu melepaskan plak dari permukaan gigi. Plak merupakan awal mula terjadinya lubang pada gigi. Plak yang menempel lama di permukaan gigi akan berubah tingkat keasamannya karena aktivitas bakteri. Asam inilah yang nantinya akan melunakkan email, yang merupakan lapisan terluar gigi dan merupakan lapisan dengan tingkat kekerasan melebihi tulang.

Menyikat gigi sebaiknya dilakukan minimal 2 kali sehari, yaitu sesudah makan pagi dan sebelum tidur malam. Metode menyikat gigi yang dilakukan seyogyanya dengan metode merah putih. Sikat gigi digerakkan dari arah gusi (merah) menuju gigi (putih), bukan vertikal (naik turun) atau pun horizontal. Semua permukaan gigi harus disikat, termasuk permukaan dalam (dekat dengan lidah atau langit-langit)

  1. GUNAKAN BENANG GIGI

Menyikat gigi saja kadang masih kurang dapat membersihkan sela-sela gigi. Gunakan benang gigi (dental flosh) untuk membersihkan sela-sela gigi untuk mencegah terjadinya lubang pada sela-sela gigi.

  1. BERKUMUR

Berkumur tidak harus menggunakan obat kumur. Kumur-kumur menggunakan air putih setiap kali sesudah makan akan membantu sisa makanan tidak melekat pada permukaan gigi sehingga mencegah terjadinya lubang pada gigi.

Selain cara-cara tersebut di atas, untuk mencegah terjadinya gigi berlubang sebaiknya mengurangi makan makanan yang manis dan mudah menempel di gigi. Perbanyak makan buah dan sayur yang tinggi serat untuk meningkatkan mekanisme self cleansing di rongga mulut kita.

Dan yang paling penting, kontrol ke dokter gigi tiap 6 bualan sekali untuk membantu kita menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Mudah bukan ???

(@titis_pamungkas)

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 332822   Hits hari ini : 328   Total Hits : 1523283   Pengunjung Online : 5   IP Anda : 54.80.146.251