RS PANTI WALUYO ADAKAN PELATIHAN PELAYANAN PENDAMPINGAN PASIEN DENGAN PROSES DYING DI HOSPICE
Rabu, 29 Maret 2017 - 10:07:21 WIB
Ditulis oleh : arsanto
Kategori: Penyuluhan - Dibaca: 514 kali

RS PANTI WALUYO ADAKAN PELATIHAN PELAYANAN PENDAMPINGAN PASIEN DENGAN PROSES DYING DI HOSPICE

Bertempat di ruang pertemuan Tiberias lantai 3 Gedung Rawat Jalan, manajemen Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta mengadakan pelatihan dengan tajuk “Pendampingan Pasien Dengan Proses Dying Di Hospice” (Jumat, 10/03/2017). Pelatihan ini diadakan dengan tujuan untuk mempersiapkan tenaga baik medis maupun non-medis agar siap ditempatkan di bagian hospice Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta. Sebanyak 40 peserta yang terdiri dari tenaga medis, non-medis dan para volunteer dengan seksama mengikuti pembekalan yang diberikan oleh para narasumber.

Di dalam pelatihan ini terdapat tiga sesi yang disampaikan oleh narasumber yang berkompeten dibidangnya. Narasumber yang pertama dr. Dhody M.A., M.P.Si yang menyampaikan materi tentang “Tahap Penolakan dan Tahap Marah”. Narasumber yang kedua yaitu dr. Hendrina K., Sp. KJ yang menyampaikan materi “Tahap Tawar Menawar dan Depresi” dan narasumber yang terakhir yaitu Krisniati Djajani, M.Si yang menyampaikan materi tentang “Tahap Penerimaan, Pengharapan dan Komunikasi Terapeutik”.

Hospice Care merupakan program perawatan dan pendukung untuk orang dengan penyakit terminal atau stadium akhir dimana pengobatan terhadap penyakitnya tidak diperlukan lagi. Kondisi terminal adalah suatu proses yang progresif menuju kematian berjalan melalui suatu tahapan proses penurunan fisik, psikososial dan spiritual bagi individu.

“Hospice berbeda fungsinya dengan rumah sakit, karena hospice menyediakan perawatan paliatif dimana perawatan dengan melakukan pendekatan yang bertujuan memperbaiki kualitas hidup pasien dan keluarga yang menghadapi masalah yang berhubungan dengan penyakit yang dapat mengancam jiwa melaui identifikasi dini dan penilaian yang tertib serta penanganan nyeri dan masalah-masalah lain seperti fisik, psikososial dan spiritual.” Tutur dr. T. Soebroto, M.Kes, Direktur Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta saat menyampaikan pengantar tentang program pelayanan Hospice. Program pelayanan Hospice di Rumah Sakit Panti Waluyo ini merupakan program perawatan paliatif pertama di Jawa Tengah yang dinaungi oleh Yayasan Yakkum.

@mikhaelyon 12/03/17

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 332824   Hits hari ini : 344   Total Hits : 1523299   Pengunjung Online : 6   IP Anda : 54.80.146.251