Gigi Rapi dengan Kawat Gigi
Rabu, 22 Maret 2017 - 08:01:08 WIB
Ditulis oleh : arsanto
Kategori: Umum - Dibaca: 1284 kali

Gigi Rapi dengan Kawat Gigi

 

Merapikan gigi menggunakan kawat gigi (dalam istilah awam “behel”) sudah menjadi tren masyarakat saat ini. Gigi yang tidak teratur memang akan mempengaruhi kecantikan seseorang. Gigi yang tersusun rapi akan membuat senyum seseorang terlihat semakin manis. Penanganan merapikan gigi seyogyanya dilakukan oleh Dokter Gigi Spesialis Orthodonti.

Orthodonti merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran gigi yang berfokus kepada gabungan ilmu dan seni yang berhubungan dengan perkembangan, merawat anomali / kelainan gigi geligi, rahang, dan muka serta pengaruhnya terhadap kesehatan fisik, estetik dan mental. Tujuan dari ortodonti adalah mendapat penampilan yang menyenangkan secara estetika dengan fungsi yang baik dengan gigi – gigi dalam posisi stabil di dalam lengkung yang baik. Atau dengan kata lain perawatan orthodonti bertujuan untuk menata gigi dalam lengkung yang ideal dan dapat meningkatkan estetika seseorang

Secara umum, dari segi medis, kawat gigi berfungsi memperbaiki: jarak antar gigi yang terlalu renggang, masalah rahang lain yang menyebabkan gigitan menjadi tidak rata, gigi yang berdesakan atau tumbuh bengkok, serta gigi depan rahang atas yang tumbuh tidak sejajar (lebih ke depan atau ke belakang) dibandingkan gigi depan rahang bawah. Selain memperbaiki penampilan, gigi yang rata dapat membuat seseorang bicara lebih jelas dan bisa mengunyah atau menggigit makanan lebih baik. Untuk mencapai hasil maksimal, setiap orang membutuhkan jenis kawat gigi berbeda sesuai kebutuhannya.

Secara umum perawatan orthodonti dibagi menjadi 2, yaitu :

  1.  Kawat Gigi Lepasan Kawat jenis ini berupa penampang plastik yang dipautkan pada beberapa gigi dan menutup langit-langit mulut. Jenis kawat ini biasanya digunakan untuk mengoreksi masalah minor, misalnya gigi yang bengkok. Kawat lepas-pasang biasanya dilepas saat akan melakukan olahraga tertentu, saat akan membersihkan mulut, atau ketika menggosok gigi. Kawat jenis ini dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien.
  2. Kawat gigi Permanen Kawat gigi permanen terlihat seperti “kotak-kotak” yang dilekatkan pada setiap gigi dan terhubung satu sama lain oleh kawat. Jenis ini merupakan sarana ortodontik yang paling umum digunakan dan dikenal masyarakat dengan istilah “behel”. Kawat ini digunakan untuk mengoreksi letak beberapa gigi sekaligus atau untuk mencegah masalah di kemudian hari. Kawat gigi permanen umumnya mudah terlihat karena terbuat dari logam. Namun kini banyak ditawarkan kawat yang terbuat dari keramik atau plastik tembus pandang yang terlihat lebih samar, tapi dengan harga yang lebih mahal.

Masa-masa awal memakai kawat gigi kadang menimbulkan rasa sakit yang dapat sangat mengganggu karena pergeseran posisi gigi geligi. Rasa sakit biasanya muncul setelah kawat gigi dikencangkan pada setiap kunjungan rutin. Namun teknologi dan bahan yang makin modern membuat pemasangan kawat gigi ini tidak lagi terasa sakit seperti dulu. Selain itu obat-obatan pereda rasa sakit yang dijual bebas dapat membantu meredakan sakit, jika diperlukan.

Penggunaan kawat gigi merupakan prosedur yang sangat aman jika dijalankan oleh ortodontis. Meski demikian, tetap ada risiko jangka pendek dan panjang yang wajib Anda ketahui.

Risiko jangka pendek: •

  • Sariawan atau iritasi akibat gesekan antara bibir dengan kawat gigi. Obat kumur antiseptik dapat menghambat luka menjadi makin parah. 
  • Penggunaan kawat gigi dapat membuat sikat gigi lebih sulit menjangkau sisa-sisa makanan yang terselip di sela gigi. Penumpukan tersebut dapat menyebabkan lubang pada gigi dan sakit gusi.

Risiko jangka panjang: 

  • Memendeknya akar gigi yang terjadi saat gigi bergerak ke arah tertentu akibat tekanan kawat. Akar gigi yang memendek dapat membuat gigi menjadi tidak kokoh. 
  • Tidak menaati instruksi ortodontis sehingga setelah kawat gigi dilepas, susunan gigi kembali ke posisi semula.

Untuk mengurangi risiko akibat pemakaian kawat gigi, pastikan menanyakan dan mendapat informasi dari dokter sebelum memasang kawat gigi.

Rumah Sakit Panti Waluyo melayani : Klinik Gigi Ortodonti dengan drg. Apreka Tigor, Sp. Ort Praktek Hari Senin dan Jumat jam 14.00 – selesai

(drgtitis022017)

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 332818   Hits hari ini : 278   Total Hits : 1523233   Pengunjung Online : 2   IP Anda : 54.80.146.251