AWAS DIARE MENGANCAM DI MUSIM HUJAN ...!!
Sabtu, 11 Maret 2017 - 09:55:43 WIB
Ditulis oleh : arsanto
Kategori: Umum - Dibaca: 350 kali

AWAS, DIARE MENGANCAM DI MUSIM HUJAN..!!

Salah satu penyakit yang sering menyerangs aat musim hujan yaitu DIARE. Penyebab diare yaitu virus dan bakteri, tetapi yang paling sering menjadi penyebabnya adalah virus. Pada musim hujan biasanya banyak genangan air yang menyebabkan makanan menjadi tidak bersih karena tercemar kuman penyakit.

Diare merupakan penyakit yang sangat umum tetapi membutuhkan penanganan yang tepat.  Seseorang disebut sedang mengalami diare jika buang air besarnya encer, berair(mungkin disertai lendir atau darah) dengan frekuens ikeluarnya lebih sering dari biasanya.Pada umumnya, diare dapat dengan mudah diatasi setelah minum obat diare yang dijualbebas. Walaupun diare dapat dengan mudah diatasi, tetapi diare juga dapat menjadit anda dari suatu penyakit yang serius.

 

 

PENYEBAB DIARE:

Selain virus, berikut merupakan penyebab munculnya diare :

  • Mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu yang tidak cocok untuk pencernaan
  • Alergi terhadap makanan atau minuman tertentu
  • Efek samping obat-obatan tertentu dan saat terapi radiasi.
  • Adanya penyakit pada usus, misalnya penyakit crohndancolitis ulseratif. 
  • Usus tidak mampu menyerap makanan secara optimal (malabsorpsi). 
  • Penyalahgunaan alcohol dan obat pencahar.

Diare yang disebabkan virus dapat menimbulkan muntah dan sering pula disertai demam. Pada anak, salah satu penyebabnya adalah rotavirus, yang sering menyebabkan muntah dan keluarnya diare cair yang cukup banyak. Anak yang terkena diare cukup berpotensi mengalami dehidrasi. Apabila anak mengalami dehidrasi berat, maka anak menjadi lemas, tidak bertenaga (cenderungmengantuk), tidak mau makan/minum, matacowong (cekung), kencing sedikit dan badan menjadi dingin.

 

PENANGANAN 

  • Jaga agar tidak terjadi dehidrasi dengan melakukan rehidrasi oral (minum air putih dan cairan oralit). 
  • Demam juga dapat muncul selama diare. Pemberian paracetamol dan kompres hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh.
  • Jika diare berlangsung secara berlebihan (terlebih disertai muntah), maka obat diare perlu dikonsumsi. Lebih baik melakukan konsultasi kedokter untuk terapi obat anti diare dan anti muntah yang tepat. 
  • Jik anak mengalami dehidrasi berat,  segera mengubungi dokter terdekat agar mendapatkan terapicairan dengan pemberian infus. Apabila anda atau keluarga mengalami gejala-gejalat ersebut, segeralah konsultasikan diri anda dengan dokter agar mendapatkanpengobatan yang tepat.

*Dari berbagaisumber @mikhaelyon

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 332824   Hits hari ini : 349   Total Hits : 1523304   Pengunjung Online : 4   IP Anda : 54.80.146.251