Peninjauan Mengenai Kemudahan Pembuatan Akte Kelahiran di RS Panti Waluyo Surakarta oleh UNICEF
Selasa, 28 Februari 2017 - 13:44:36 WIB
Ditulis oleh : Arinda
Kategori: Umum - Dibaca: 235 kali

Semenjak ditetapkan sebagai Kota Layak Anak pada Tahun 2006 oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Surakarta telah melakukan beberapa agenda terkait dengan penyiapan dan pengembangan Kota Surakarta sebagai Kota Layak Anak. Pelaksanaan agenda ini menjadi barometer pelaksanaan program United Nations Children’s Fund (UNICEF) dalam bidang perlindungan anak di dunia. Surakarta sebagai salah satu kota di Indonesia yang menjadi model percontohan komitmen lembaga pemerintahan maupun lembaga independen lain dalam hal perlindungan anak, mendapat sorotan dari UNICEF maupun media massa. UNICEF bekerja sama dengan lembaga pemerintahan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ingin meninjau pelaksanaan program perlindungan anak di berbagai bidang di Kota Surakarta yang salah satunya adalah instansi rumah sakit karena terkait dengan pembuatan akta kelahiran anak.

Peninjauan yang dilakukan pada Hari Senin (27 Februari 2017) oleh staf UNICEF Indonesia bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) di RS Panti Waluyo Surakarta adalah peninjauan mengenai layanan pembuatan akte kelahiran bayi yang diintegrasikan dengan layanan 3 in 1, yaitu pembuatan akte kelahiran disertai pembaruan Kartu Keluarga (KK) dan pembuatan Kartu Insentif Anak (KIA). Peninjauan ini berkaitan pula dengan komitmen RS Panti Waluyo Surakarta dalam keikutsertaan mewujudkan Kota Surakarta sebagai Kota Layak Anak sesuai SK Walikota No.130.05/68-F/1/2011 tentang Pembentukan Gugus Tugas Pengembangan Kota Layak Anak. Mulai tahun 2004, RS Panti Waluyo Surakarta telah bekerja sama dengan Dispenduk Capil dalam pembuatan akte kelahiran, dan mulai Januari 2017 pelayanan 3 in 1 di RS Panti Waluyo Surakarta makin ditingkatkan melalui pendaftaran online yang dapat diintegrasikan dengan sistem data di Dispenduk Capil. (@arindaweddinia)

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 332819   Hits hari ini : 302   Total Hits : 1523257   Pengunjung Online : 3   IP Anda : 54.80.146.251