TERAPI TERTAWA
Selasa, 21 Februari 2017 - 10:10:45 WIB
Ditulis oleh : arsanto
Kategori: Penyuluhan - Dibaca: 361 kali

TERAPI TERTAWA UNTUK YANG SEDANG MENUNGGU DI RS.PANTI WALUYO SURAKARTA

Tertawa merupakan fenomena yang seringkali berkurang saat orang tumbuh semakin dewasa, bahkan bisa menghilang. Tawa yang baik keluar dari jiwa, hanya mungkin dilakukan bila hatinya murni, penuh cinta kebaikan dan bela rasa sebagai obat.

Terapi ini diberikan kepada seseorang yang mengalami hal yang tidak menyanangkan. Salah satunya adalah menunggu.Menunggu adalah hal yang sangat membosankan. TIM PKRS (Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit) di RS.Panti Waluyo Surakarta memberikan edukasi kepada pasien supaya merasa terhibur, tertawa sekaligus mendapatkan wawasan saat menunggu antrian di poliklinik. Tujuan terapi tartawa adalah untuk menghambat munculnya hormon stress, meningkatkan kekebalan tubuh dan mengoptimalkan suplai oksigen ke tubuh. T

ahapan dasar tarapi tertawa adalah “Pernafasan” : teknik pernafasan yoga (tarik nafas, melalui hidung, ditahan, dihembuskan melalui mulut) dan yang kedua adalah Relaksasi fisik yaitu bagian bahu leher dan peregangan tubuh.

Adapun pedoman umum gerakan tertawa diawali dengan tertawa bersamaan setelah diberi aba – aba oleh instruktur saat melakukan gerakan ini, berdiri berdekatan jaga kontak mata satu dengan yang lainnya,dan tetap menikmati prosesnya, yang perlu diperhatikan jangan menggunakan terlalu banyak tenaga. Tahapannya bisa dilakukan tepuk tangan serentak sambil mengatakan HO…HO…HA…HA… atau tawa bersemangat dilakukan serempak dengan tangan diangkat ke atas kepala mendongak ke belakang dan setiap selesai tertawa menarik nafas yang lembut dan dalam. Bisa juga menggunakan gerakan seperti melepas panah sambil mengucapkan AE…AEEEE… kemudian tertawa dsb.

Terapi tertawa dapat dilakukan di rumah, bersama teman –teman bahkan keluarga. @monicaseles

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 332822   Hits hari ini : 329   Total Hits : 1523284   Pengunjung Online : 5   IP Anda : 54.80.146.251