Demam ??.....Tak Perlu Panik ..!!!
Jumat, 10 Februari 2017 - 09:15:16 WIB
Ditulis oleh : arsanto
Kategori: Umum - Dibaca: 532 kali

Demam..??? Tak Perlu panik…!!!

Semua orang pasti sudah mengenal yang namanya demam, termasuk anda. Dikatakan demam jika suhu tubuh telah mencapai 38oC atau bahkan lebih. Jika tubuh merasakan demam, itu tandanya tubuh sedang memberi peringatan bahwa sesuatu sedang terjadi di dalam tubuh anda.

Demam merupakan sebuah tanda adanya suatu penyakit dalam tubuh. Dalam keadaan sehatpun, suhu tubuh bervariasi. Misalnya pada pagi hari suhu tubuh cenderung lebih rendah daripada sore hari. Hal ini adalah normal. Suhu tubuh pada orang sehat rata-rata 37oC. Jika sudah melebihi suhu 38oC, maka sudah dianggap sebagai demam.

Jika tubuh anda merasakan demam, sebaikmya tidak langsung menurunkan suhu tubuh anda. Obat yang dijual bebas dapat membantu, tetapi terkadang lebih baik untuk dibiarkan terlebih dahulu, karena demam dapat membantu tubuh melawan infeksi. Biasanya demam akan hilang dalam beberapa hari.

DEMAM PADA ANAK

Jika anak mengalami demam, biasanya anak akan rewel, gelisah, tidak nafsu makan dan tidak bisa tidur dengan tenang. Anak yang berusia kurang dari 6 tahun dapat mengalami perubahan suhu tubuh mendadak yang disertai kejang (disebut kejang demam).

Jika anak mengalami kejang, baringkan anak dalam posisi miring. Jangan meletakkan apapun di dalam mulut atau menghentikan kejang. Menghubungi tim medis adalah solusi utama jika ini adalah kejang demam pertama atau berlangsung lebih dari lima menit. Demam pada anak biasanya juga terjadi pada anak yang sedang mengalami pertumbuhan gigi atau pasca imunisasi.

Jika terjadi demam pada anda atau anak anda, berikut langkah-langkah yang dapat membantu meringankan demam:

  1.  Minum banyak cairan Demam dapat menyebabkan kehilangan cairan tubuh. Meminum air yang cukup membantu menurunkan suhu tubuh.
  2. Istirahat Aktivitas fisik yang cukup tinggi memicu peningkatan suhu tubuh. Sebaiknya istirahatlah yang cukup untuk pmulihan.
  3. Gunakan obat Gunakan parasetamol atau ibuprofen sesuai dengan rekomendasi dokter. Jangan menggunakan obat ini secara bersamaan atau mengganti dosisnya, kecuali atas perintah dokter. Hindari mengkonsumsi obat secara berlebihan.
  4. Rendam atau kompres dengan air hangat Berendam atau mengkompres tubuh dengan air hangat selama 5-10 menit dapat menurunkan suhu tubuh.
  5.  Apabila demam semakin tinggi (> 40 derajat), atau terjadi kejang, atau demam tidak turun selama 3 hari berturut-turut, atau disertai gejala lain (seperti mimisan, tangan dan kaki dingin, muncul bercak merah di seluruh badan) disarankan untuk ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

 

*Dari berbagai sumber @mikhaelyon

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 332821   Hits hari ini : 316   Total Hits : 1523271   Pengunjung Online : 5   IP Anda : 54.80.146.251