KOK SERING SAKIT KEPALA YA ???
Jumat, 18 November 2016 - 16:50:07 WIB
Ditulis oleh : arsanto
Kategori: Umum - Dibaca: 1913 kali

Kok sering sakit kepala ya???

 

Anda sering mengalami sakit kepala? Semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala, termasuk anda. Sebenarnya apa yang menyebabkan timbulnya sakit kepala pada seseorang? Mari kita bahas sekilas mengenai jenis-jenis sakit kepala dan gejala yang ditimbulkan.

Ada beberapa jenis sakit kepala dengan gejala-gejala yang berbeda pula. Kita perlu mengetahui gejala-gejala sakit kepala sehingga dapat menentukan penanganan yang tepat untuk mengurangi sakit kepala yang timbul.

Secara garis besar, sakit kepala digolongkan menjadi dua kategori. Yang pertama yaitu sakit kepala primer, yang kedua sakit kepala sekunder.

 

  1. Sakit Kepala Primer

Yang termasuk sakit kepala primer antara lain: sakit kepala migrain (sakit kepala vaskuler), tension (tegang otot) dan cluster.

 

a. Sakit kepala vaskuler

Sakit  kepala vaskuler disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah pada otak menekan sel-sel saraf hingga menimbulkan nyeri. Umumnya sakit kepala ini berupa migrain atau lebih umum diknal dengan sakit kapala sebelah. Sakit kepala jenis ini ditandai dengan gejala berupa rasa mual ingin muntah, mengalami tingkat kepekaan terhadap cahaya dan suara. Gejala-gejala nyeri kepala jenis ini akan berkurang dengan beristirahat atau tidur.

 

b. Sakit kepala tegang otot

Sakit kepala jenis ini ditandai dengan nyeri di kedua sisi kepala, rasa menekan, kadang terasa berat dengan nyeri tumpul. Sakit kepala ini disebabkan karena adanya otot-otot sekitar kepala yang berkontraksi atau menegang. Sebagian besar disebabkan karena posisi tubuh yang tidak banyak bergerak atau berada dalam satu posisi tertentu yang terlalu lama atau terlalu banyak membaca, bekerja didepan computer, dan lain sebagainya.

 

c. Sakit kepala kluster

Sakit kepala kluster merupakan bagian dari sakit kepala vascular yang dapat terjadi secara berulang dalam waktu yang sama selama beberapa hari, minggu, kemudian akan mereda kembali. Sakit kepala jenis ini dapat muncul kembali dalam kurun waktu yang lama. Sakit kepala kluster banyak menyerang di bagian sekitar mata, kemudian akan menyebar ke seluruh bagian wajah. Bagian mata yang terserang sakit ini akan berwarna kemerahan dan kedua lubang hidung membasah, meler dan tersumbat seperti terkena penyakit flu. Gejala sakit kepala jenis ini akan berkurang dengan banyak melakukan pergerakan.

 

  1. Sakit Kepala Sekunder

Sakit kepala sekunder disebabkan oleh cedera atau penyakit lain yang perlu didiagnosa dan diobati. Beberapa penyebab sakit kepala sekunder dapat berpotensi mengancam nyawa. Beberapa contoh penyakit yang menyebabkan sakit kepala sekunder yaitu:

 

    1. Trauma kepala dan leher
    2. Gangguan pembuluh darah pada kepala dan leher (stroke, TIA, AVM)
    3. Gangguan pada otak selain pembuluh darah (tumor atau kanker)
    4. Akibat obat-obatan
    5. Infeksi (meningitis, ensefalitis, HIV/AIDS, pneumonia)
    6. Perubahan lingkungan fisik
    7. Masalah dengan mata, telinga, tenggorokan hidung, gigi dan leher
    8. Masalah psikiatri

 Apapun penyebab sakit kepala anda, segera dikonsultasikan dengan dokter, agar mendapatkan pengobatan yang tepat untuk gejala penyakit anda.

 

-Karena sehat adalah segalanya -

 

@mikhaelyon 18/11/15

Editor: dr.Esti Rahmawati

 

 

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 550040   Hits hari ini : 710   Total Hits : 2452584   Pengunjung Online : 7   IP Anda : 3.88.156.58