NYERI TULANG BELAKANG
Senin, 26 September 2016 - 11:18:09 WIB
Ditulis oleh : arsanto
Kategori: Umum - Dibaca: 1283 kali

NYERI TULANG BELAKANG

 

Apakah anda sering mengalami rasa nyeri pada tulang belakang? atau di masyarakat sering anda jumpai terutama orang yang sudah lanjut usia (lansia)? Mari kita bahas Nyeri tulang belakang yang banyak dikeluhkan masyarakat. Nyeri pada tulang belakang biasanya sangat menggangu aktivitas sehari - hari. Padahal fungsi tulang belakang adalah bagian tubuh yang sangat berperan penting yaitu penopang utama tubuh dan menjaga keseimbangan tubuh. Nyeri pada Tulang belakang bisa akibat kerusakan atau cedera pada tulang, saraf, otot, ligamen dan stuktur lainnya.Sifat nyeri pada tulang belakang sendiri bersifat akut yaitu nyeri yang dirasakan hilang beberapa minggu yang dirasakan umum dimasyarakat, bersifat subakut yaitu penderita  nyeri berlangsung selama 3 bulan, bersifat kronis yaitu nyeri datang tiba – tiba, lama sembuh,  kembali lagi berlangsung lebih dari 3 bulan & 5 – 10 % pasien akan mengalami lagi atau bertahan seumur hidup.

 

Faktor Nyeri tulang belakang  disebabkan karena aktivitas buruk yang tidak kita sadari seperti ; mengangkat beban berat dengan posisi yang tidak benar, posisi saat kita tidur & menggunakan tempat tidur yang tidak nyaman, postur tubuh yang buruk (saat duduk didepan meja kerja ,menyetir  tidak  istirahat,sering kali berdiam  terlalu lama saat menonton tv) sering membunyikan otot punggung.

 

Cara menghindari nyeri tulang belakang :

  1. Hindari stres dengan berpikir rileks maka tulang belakang tidak akan ada rasa ketegangan saat kita beraktivitas.
  2. Mulailah berolahraga dengan peregangan setiap pagi saat bangun tidur, lari – lari kecil ditempat, banyak berjalan kaki saat naik turun tangga.
  3. Benahi postur tubuh saat kita duduk dan berdiri harus tegak jangan membungkuk.
  4. Gunakan pakaian yang benar ,jangan menggunakan pakaian yang ketat akan menggangu saat kita bergerak.
  5. Konsumsi makanan yang sehat & untuk menghindari penyumbatan sirkulasi pada tulang belakang sebaiknya kita konsumsi makanan yang kaya kalsium seperti susu, vitamin D dan magnesium seperti beras merah, bayam, gandum, almond.
  6. Sediakan obat pereda nyeri seperti aspirin, balsem atau obat gosok tapi jangan berlebihan saat memakai harus sesuai dosis yang dianjurkan pada resep.
  7. Hindari merokok dam mengkonsumsi minuman beralkohol.

 

Untuk mengatasi nyeri pada tulang belakang kita sering menggunakan obat menghilang rasa sakit yang sifatnya nyeri sementara, dan kalau rasa nyeri tidak kunjung sembuh pastinya kita akan pergi ke dokter. Dirumah sakit panti waluyo menawarkan pelayanan pengobatan berupa fisioterapi (terapi non-obat) merupakan bentuk terapi yang melakukan manipulasi  terhadap tulang belakang untuk meredakan nyeri pada tulang belakang, melatih pasien untuk mengembalikan kemampuan fungsi gerak motorik secara maksimal.

 

Apakah anda tertarik untuk beralih penyembuhan non-obat silahkan kunjungi  di poliklinik rehabilitasi medik RS. Panti Waluyo, 

  1. Stefanus Anwar, Sp. KFR :
    1. Senin - Rabu pkl 07.00-14.00 WIB
    2. Kamis - Jumat pkl 07.00-11.00 WIB
    3. Selasa & Kamis pkl 17.00-20.00 WIB
    4. Sabtu pkl 07.00-13.00 WIB
  2. dr. Desy Kurniawati Tandio, Sp. KFR
    1. Kamis & Jumat pkl 11.00-14.00 WIB

 

Dan ada pengobatan dengan media jarum (Akupuntur) di poliklinik Akupuntur di  RS Panti Waluyo,

 

dr. Dhoddy M. Ariwibowo praktek setiap Senin -Jumat pkl 08.00-14.00 WIB.

(mega)

 

Sumber : berbagai sumber

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 523082   Hits hari ini : 1082   Total Hits : 2349360   Pengunjung Online : 7   IP Anda : 54.236.246.85