BIBIR SUMBING???
Rabu, 24 Juni 2015 - 16:28:10 WIB
Ditulis oleh : arsanto
Kategori: Umum - Dibaca: 2635 kali

Bibir yang terbelah atau bibir sumbing merupakan cacat bawaan. Kelainan bawaan yang timbul saat pembentukan janin ini menyebabkan adanya celah di antara kedua sisi kanan dan kiri dari bibir. Kadang kala malah lebih luas, dapat mencapai langit-langit bahkan sampai dengan merusak estetika cuping hidung (labio-palato-gnato schizis).

Bayi yang dilahirkan dengan cacat seperti ini, akan mengalami kesulitan dalam koordinasi dan pengolahan nafas, sehingga tanda paling awal adalah kesulitan menghisap saat menyusui. Anak bingung karena pada saat menghisap, ada cairan yang muncrat lari melewati lubang yang ada di langit-langit sehingga anak jadi tersedak. Tentu saja hal ini terjadi pada anak dengan celah bibir dan langit-langitnya panjang / luas. Kondisi ini dapat ditangani melaluimproses operasi denganDokter Spesialsi Bedah Plastik.

Biasanya dalam waktu 6 minggu pasca operasi, anak dapat memulai latihan aktif untuk stretching dan latihan koordinasi otot-otot mulut, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan vokal, lalu konsonan dsb. Untuk anak tentunya hal itu dilakukan sambil bermain.

 

Bibir sumbing bisa diperbaiki dengan jalan operasi. Operasi dapat dilakukan apabila penderita memenuhi syarat dibawah ini :

  • Berat badan > 10 pon atau > 5 kg
  • Hemoglobin > 10 gr%
  • Umur > 10 minggu atau > 3 bulan

Penanganan masalah bibir sumbing merupakan penanganan yang multidisiplin,artinya meliputi beberapa ilmu dan tenaga ahli, diantaranya:

  • Ahli bedah plastik untuk memperbaiki bentuk bibir sehingga normal/ mendekati normal.
  • Ahli THT, untuk memantau dan atau memperbaiki kelainan sekitar hidung dan telinga.
  • Dokter gigi/Orthodontist untuk memantau dan atau memperbaiki kelainan pertumbuhan gigi.
  • Speech therapist untuk membantu penderita agar dapat berbicara dengan normal
  • Psikolog/Psikiater untuk menangani masalah psikologis yang timbul terutama rasa rendah diri.

 

RS.Panti Waluyo memiliki program OPERASI BIBIR SUMBING GRATIS SEPANJANG TAHUN untuk informasi lebih jelas silahkan hubungi bag.Humas pemasaran di no telp 0271-712077 ex:1630

 

@MONICA SELES(25/06/2015)

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 565791   Hits hari ini : 741   Total Hits : 2509353   Pengunjung Online : 6   IP Anda : 54.145.38.157