Apa Itu Plak dan Karang Gigi ?
Selasa, 14 April 2015 - 18:48:30 WIB
Ditulis oleh : drg. FA. Titis Pamungkas
Kategori: Umum - Dibaca: 9243 kali

Plak adalah lapisan lunak dan lengket di gigi yang terdiri dari protein dan bakteri (biofilm). Plak terdiri dari 70% bakteri yang berasal dari air liur. Plak terbentuk segera setelah Anda selesai menyikat gigi. Dalam waktu 48 jam setelah pembentukannya, plak mulai mengeras oleh kalsium, fosfor, dan mineral lainnya yang terkandung dalam air ludah (saliva), menjadi karang gigi, yang dalam istilah Kedokteran Gigi disebut KALKULUS.

Karang gigi sendiri tidak berbahaya, tetapi memiliki permukaan yang sangat kasar sehingga bakteri dapat dengan mudah melekat dipermukaannya. Permukaan kasar ini menjadi tempat menempel bakteri yang menyebabkan berbagai masalah, seperti radang gusi (gingivitis),radang pada jaringan pendukung gigi (periodontitis), kerusakan gigi (karies) dan bau mulut (halitosis)

 

Pembersihan plak

Cara terbaik untuk menghilangkan plak adalah dengan menyikat gigi (terutama di malam hari sebelum tidur dan pagi hari sesudah makan pagi) dan dengan pembersihan interdental (celah antar gigi) menggunakan benang gigi (dental flos).  

Plak gigi hampir tidak terlihat karena warnanya keputihan, sama dengan gigi. Plak dapat dibuat terlihat dengan cairan atau tablet pewarna khusus (disclosing solution). Bahan-bahan itu dapat membantu Anda menemukan area yang perlu mendapatkan perhatian lebih saat membersihkan gigi.

 

Pembersihan karang gigi

Karang gigi yang telah terbentuk biasanya hanya dapat dihilangkan dengan bantuan alat oleh dokter gigi. Dokter gigi akan menggunakan kombinasi air bertekanan tinggi dan alat pembersih untuk menghilangkan karang gigi tersebut. Dokter gigi menggunakan alat yang disebut scaler untuk membersihkan karang gigi secara manual atau elektronik. Jika karang gigi disertai penyakit gusi yang parah, pasien mungkin akan dirujuk dokter gigi ke spesialis periodontis untuk pembersihan dan perawatan lebih lanjut (titis)

 

*dari berbagai sumber

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 523063   Hits hari ini : 906   Total Hits : 2349184   Pengunjung Online : 4   IP Anda : 54.236.246.85