Di Update Terus Menerus, Namun Berharap Tidak Pernah Digunakan
Kamis, 16 Oktober 2014 - 08:06:22 WIB
Ditulis oleh : arsanto
Kategori: Pelatihan - Dibaca: 1592 kali

Di Update Terus Menerus, Namun Berharap Tidak Pernah Digunakan

(Pelatihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran – RS Panti Waluyo Surakarta 10 Okt 2014 )

Kecil menjadi kawan, besar menjadi lawan…… Demikianlah kita bisa menyebut si “jago merah“. Pada waktu menjadi kawan, dia bisa memanaskan daging menjadi sate yang sangat lezat, atau membantu kita untuk menghangatkan badan waktu berada di alam terbuka. Namun ketika menjadi lawan, hanya dalam waktu kurang dari 10 menit, dia bisa menghabiskan apa yang kita kumpulkan bertahun tahun seperti rumah, toko, mobil, dll. Bahkan terkadang juga mengorbankan sanak saudara, atau malah diri kita sendiri. Itulah API.

Untuk mengatasi dampak dan mencegah bahaya kebakaran, kami, RS Panti Waluyo Surakarta, secara periodik menyelenggarakan Pelatihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran. Penggunaan APAR ( Alat Pemadam Api Ringan) yang berbahan : Powder, Foam , CO2, dan juga Gas Pengganti Hallon Non CFC (HCFC-141B) dan juga pemadam api alat tradisional (contoh : karung goni yang basah), harus kami kuasai penggunaannya.

Terjadinya api terdiri dari 3 unsur, yaitu panas, bahan bakar dan oksigen. Hanya dengan menhilangkan salah satu unsur itulah api dapat dipadamkan. Siang itu dalam acara pelatihan, kami secara bergantian melakukan praktek memadamkan nyala api dengan APAR, maupun pemadam tradisional. Tampak juga Bapak kami, Direktur RS Panti Waluyo dr. T. Soebroto, M. Kes, ikut melaksanakan praktek walaupun harus menahan panasnya matahari di lantai 5 Gedung Rawat Inap.

“ Pengetahuan tentang penanggulangan bahaya kebakaran harus kita update terus menerus sampai sudah masuk alam bawah sadar kita, namun saya berharap ilmu ini tidak akan pernah di gunakan ….”. Demikian di sampaikan Direktur dalam sambutannya ……Setuju Dokter !!! (arsanta)

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 523073   Hits hari ini : 1026   Total Hits : 2349304   Pengunjung Online : 4   IP Anda : 54.236.246.85