Gathering Relawan : Layanan Paliatif HOSPICE RS Panti Waluyo
Rabu, 02 Juli 2014 - 11:37:56 WIB
Ditulis oleh : arsanto
Kategori: Umum - Dibaca: 2321 kali

Gathering Relawan Gereja Se-RS YAKKUM

LAYANAN PALIATIF HOSPICE RS PANTI WALUYO SURAKARTA

Pelayanan Pastoral se-YAKKUM memiliki kerja sama dengan gereja-gereja sekitar dan relawan umum. Gathering ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik antar gereja-gereja dan juga menjadi wadah bagi gereja mitra untuk terlibat langsung melayani sesama yang membutuhkan.

Gathering Relawan Se-RS YAKKUM kali ini mengambil tema “PERAWATAN PALIATIF dan HOSPICE“.

Acara ini diselenggarakan pada Hari Sabtu (28 Juni 2014) pukul 08.30-13.30. Pada acara ini, RS Panti Waluyo Surakarta mengundang RS Unit YAKKUM, GKI, GKJ di Solo dan sekitarnya, serta relawan–relawan lainnya dengan jumlah kurang lebih 135 orang.

Gathering dibuka dengan sambutan dr. T. Soebroto, M. Kes (Direktur RS Panti Waluyo Surakarta), yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa layanan HOSPICE RS Panti Waluyo Surakarta merupakan Layanan Paliatif untuk pasien yang secara medis sudah tidak dapat disembuhkan dan saaat ini akan menjadi satu satunya layanan hospice di INDONESIA .

Selain itu, dalam sambutannya juga menyampaikan persiapan RS Panti Waluyo Surakarta untuk membuka layanan baru Hemodialisa. Tak lupa Direktur juga menyampaikan bahwa Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta merupakan rumah sakit teraman di Solo, karena merupakan satu satunya rumah sakit yang memiliki RAM .

Pada sesi pertama diberikan pembekalan oleh dr Grendy Faneri Yonarko, M. Kes., Sp PD (yang juga merupakan internis di RS Panti Waluyo Surakarta dengan jam praktek setiap hari jam 10-13.30) tentang Paliatif Care dari Perspektif Medis. dr. Grendy menyampaikan mengenai Pola Dasar Pemikiran Perawatan Paliatif yang mencakup :

  1. Meningkatkan kualitas hidup dan menganggap kematian adalah proses yang normal
  2. Tidak mempercepat atau menunda kematian
  3. Menghilangkan rasa nyeri dan keluhan lain yang menggangu
  4. Menjaga keseimbangan psikologis dan spiritual
  5. Berusaha agar penderita tetap aktif sampai akhir hayatnya
  6. Berusaha membantu duka cita keluarga

 

Sesi II di bawakan oleh Bp. Drs. Aloysius Lukas S. Sunarya, MA (dari UKSW Salatiga) yang berbagi ilmu tentang Paliatif Care dari Perspektif Psikologis, dimana kebutuhan jasmaniah, emosional psikologis, dan spiritual perlu diperhatikan, juga dukungan selain bagi pasien juga bagi keluarga. Gathering berjalalan lancar dan semua mendapatkan pembekalan yang baru, dan tentu saja hal yang menyenangkan ……mendapat ilmu juga dapat hadiah ….. Doorprize ….. (arsan)

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 637200   Hits hari ini : 135   Total Hits : 2740866   Pengunjung Online : 4   IP Anda : 18.207.255.49