OPERASI KARATAK GRATIS RS PANTI WALUYO "KALAU GIGI GRATIS ADA TIDAK...?"
Jumat, 26 April 2013 - 09:06:19 WIB
Ditulis oleh : arsanto
Kategori: Umum - Dibaca: 3161 kali

OPERASI KARATAK GRATIS RS PANTI WALUYO
“ KALAU GIGI GRATIS ADA TIDAK ……?“.

Jam baru menunjukan 2.00 wib dini hari , tetapi Pak Maksum yang tinggal di Desa Manggar, Manggar Mas, Grobogan  sudah  bangun dan melakukan berbagai aktivitas. Hari ini ( Minggu, 21/4/2013) merupakan hari yang sudah ditunggu oleh beliau sejak beberapa bulan yang lalu. Bukan karena hari itu bertepatan dengan peringatan  IBU  KARTINI , tetapi karena hari itu akan mengakhiri penderitaan yang  telah dideritanya beberapa bulan yang lalu.
Beberapa bulan yang lalu  memang mata sebelah kiri Bapak Maksum mengalami masalah, Mata yang biasa mempukan  beliau  bekerja di sawah, tiba-tiba menjadi agak kabur untuk melihat. Tentunya hal in sangat menggangu dan membuat beliau kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari.
Sampai suatu ketika seorang saudaranya yang bekerja di Solo memberitahukan  bahwa di RS Panti Waluyo  Surakarta akan mengadakan  kegiatan OPERASI KATARAK GRATIS.  Berita baik bagi Bapak Maksum. Beliau berangkat dari Grobogan (Purwodadi ) ke Solo untuk mendaftar sebagai peserta. Setelah melalui  beberapa proses administrasi dan screening (untuk memastikan apakah penyakitnya bena-benar KATARAK) dan beberapa kali bolak-balik purwodadi – solo, akhirnya beliau lolos dan akan di operasi pada hari ini    ( Minggu , 21/4/2013).
Jam 3.00 wib beliau sudah bersiap –siap untuk berangkat ke Solo. Setelah menempun jarak ± 64 Km akhirnya beliau sampai di RS PANTI WALUYO Surakarta.
Hari itu walaupun  hari Minggu, di mana poliklinik tidak melakukan pelayanan, namun RS PANTI WALUYO terlihat ramai, karena hari itu pelaksanaan program OPERASI KATARAK GRATIS , yang terselenggara kerja sama antara RS Panti Waluyo Surakarta, PERDAMI ( Persatuan Dokter Mata Indonesia) cabang Surakarta  dan PT Sido Muncul.
Terjaring saat itu sejumlah 43 peserta , namun  6 peserta gagal menjalani operasi karena kondisi tekanan darah dan kadar gula darah tidak sesuai dengan persyaratan operasi .
Kegiatan dimulai jam 7.00 wib dan berakhir pada jam 18.30 wib. Adapun dokter spesialis mata yang melakukan operasi  :

  1. dr RaharjoKuntoyo, Sp M
  2.  dr Senyum Indrakila, Sp M
  3. dr  Leliana Bambang, Sp M
  4.  dr Titik Hasrini, Sp M
  5. dr Nurcahyo Ardan Bramanta, Sp M

 Panitia yang terdiri berbagai gugus tugas di RS Panti Waluyo pun dengan sigap menjalankan tugas masing-masing ,PROGRAM OPERASI KATARAK GRATIS berjalan dengan lancar.
Hal yang sama di alami ibu Tumiyem (57 tahun ) yang beralamat di Randu Rejo, Nggringo Jaten , “ Saya sangat senang dan berutung dapat mengikuti program operasi gratis ini, karena memang katarak yang saya alami sangat menganggu saya, Beruntung ada program ini yg sangat membantu untuk orang seperti saya, semoga kegiatan seperti ini akan selalu ada di RS Panti Waluyo,”.  
Senang bisa menjadi saluran berkat bagi yang membutuhkan. Itulah rasa puas yang dirasakan oleh seluruh panitia, walaupun harus bekerja keras seharian. Dan ada yang membuat kami tersenyum , ketika perjumpaan dengan Bp. Maksum  datang mendaftar, beliau bertanya , “ Ibu , kalo operasi katarak gratis sudah ada….kapan ya ada GIGI gratis……?”. Hihihihihihi…  (arsanto)

Nama :
Email :
Pesan :

Total Pengunjung : 565779   Hits hari ini : 619   Total Hits : 2509231   Pengunjung Online : 6   IP Anda : 54.145.38.157