Hemodialisa - Layanan Terbaru

Apa itu ginjal ?

Mengapa ginjal merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk kita jaga ?

Di dalam tubuh kita terdapat 2 buah ginjal yang terletak pada dinding belakang rongga perut, di sisi sebelah kiri dan kanan tulang belakang, di bawah iga terakhir setinggi pinggang bagian atas.

Ada 3 fungsi ginjal yang sangat penting, yaitu :

  1. Menyaring dan mengeluarkan sisa-sisa racun yang ada di dalam tubuh melaui air seni (urine)
  2. Mengatur keseimbangan air dan elektrolit, dan juga asam-basa di dalam tubuh
  3. Menghasilkan hormone eritropoetin yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah dan memproduksi vitamin D

Jika ginjal mengalami gangguan, akan muncul gejala :

  1. Wajah pucat karena anemia
  2. Bengkak di wajah, kadang sampai ke seluruh tubuh
  3. Sesak nafas
  4. Lemas
  5. Tidak bersemangat
  6. Gatal-gatal (karena ginjal gagal mngeluarkan urin dan racun dari dalam tubuh)
  7. Nyeri sendi (karena adanya penumpukan asam urat di sendi yang tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal)

Untuk mengetahui fungsi ginjal kita masih baik atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan urine dan tes fungsi ginjal, seperti tes kandungan kreatinin dalam darah.

 

Apa itu Gagal Ginjal ?     Apa penyebabnya?

Gagal ginjal dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Gagal Ginjal Akut (Penyakit Ginjal Akut)
  2. Gagal Ginjal Kronik (Penyakit Ginjal Kronik)

 

Gagal Ginjal Akut

Merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan penurunan fungsi ginjal yang nyata dan cepat. Bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti : penurunan suplai darah ke ginjal akibat perdarahan, dehidrasi, kelainan dalam ginjal itu sendiri, atau adanya sumbatan (seperti batu saluran kemih). Jika kondisi ini cepat diatasi, ginjal dapat berfungsi dengan baik.

 

Gagal Ginjal Kronik

Merupakan suatu keadaan yang disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal yang bersifat menahun dan berlangsung progresif. Bisa disebabkan oleh beberapa hal, tetapi penyebab utamnya adalah penyakit kencing manis (50%), hipertensi (tekanan darah tinggi, 27%), penyakit glomeruler (penyakit pada ginjal, 13%), kelainan kongenital (kelainan bawaan), dan pemakaian obat-obat yang nefrotoksik dalam jangka panjang dan terus menerus. Gagal Ginjal Kronik dibagi menjadi 5 stadium. Pada Gagal Ginjal Kronik stadium akhir diperlukan Terapi Pengganti Ginjal dengan segera.

 

Apa itu Hemodialisa ?

Atau yang lebih dikenal dengan istilah Cuci Darah, merupakan salah satu terapi pengganti ginjal yang dilakukan di rumah sakit yang bertujuan untuk membersihkan racun dan sisa metabolisme, mengkoreksai elektrolit darah, dan membuang kelebihan cairan tubuh melalui proses pertukaran antara bahan yang ada di dalam darah dengan dialisat melewati membran semipermiabel di dalam dialyzer (ginjal buatan). Manfaat cuci darah adalah untuk menggantikan fungsi ginjal pasien sebagai upaya memperbaiki kualitas hidup pasien.

 

Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta menyediakan Pelayanan Hemodialisa baik untuk pasien rawat inap maupun rawat jalan yang didukung oleh Tim Hemodialisa yang terdiri dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam Bagian Nefrologist, dokter umum dan perawat bersertifikat Hemodialisa, serta didukung peralatan dan mesin Hemodialisa yang canggih (Nipro Surdial 55)....(retno)

 

Pelayanan Hemodialisa : Senin – Sabtu, pukul 07.00-14.00

Emergensi Hemodialisa 24 jam (on call)

 

*dari berbagai sumber

Update 15/04/2015 (titis)


Total Pengunjung : 332818   Hits hari ini : 273   Total Hits : 1523228   Pengunjung Online : 2   IP Anda : 54.80.146.251